HTML Dasar


HTML adalah kependekan dari HyperText Markup Language. Kita bisa menggunakan Code HTML untuk membuat sebuah Website sederhana. Tools yang digunakan untuk membuat sebuah Website cukup Notepad / Notepad++

HTML memiliki TAG, TAG adalah suatu penanda untuk menandai elemen-elemen dalam suatu dokumen HTML dan fungsi TAG adalah untuk memberikan instruksi atau memberitahu kepada browser bagaimana suatu objek di tampilkan berdasarkan TAG yang di gunakan, objek disini bisa berupa teks, video, audio dan gambar.


Setiap TAG tersebut mempunyai pembuka dan penutup. Contoh TAG pembuka <> sedangkan penutup </>. Ada banyak macam TAG seperti <header>, <body>, <footer>, dll. TAG tersebut harus ditutup jika selesai menggunakannya </"TAG yang digunakan">. Ada juga TAG yang tidak perlu penutup seperti <area>, <br>, <col>, dll.

Struktur html terbagi menjadi 3 yaitu <header>, <body>, <footer>. Header untuk mengatur judul tab, include css, dll. Body adalah isi dari sebuah html tersebut, sedangkan footer untuk bagian bawah dari html itu sendiri. Dibawah adalah contoh html tanpa header dan footer.

<html>
                        <body>
Selamat Pagi..!!
</body>
</html>

Code diatas adalah contoh HTML sederhana, jika Code tersebut diketik di Notepad lalu di Save As file ber-ekstensi html maka, saat dibuka dengan browser akan muncul tulisan Selamat Pagi..!!.




Diatas adalah Screenshoot Code HTML pada Notepad dan browser saat dibuka. Demikian cara membuat sebuah HTML sederhana. Karena semua yang ‘Mewah’ berawal dari yang sederhana. MERDEKA!!!

(12/2/2018)


No comments:

Post a Comment