Membuat QR Code Seperti QR Code Whatsapp

QR Code singkatan dari Quick Response Code. Kode 2 – D ini dapat menyimpan banyak informasi. Sering digunakan sebagai bagian dari advertising, marketing, dan jejaring sosial, sistem ini bisa dipakai oleh ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dengan akses internet.
QR Code bisa dibilang revolusi Kode Batang yang dari satu dimensi menjadi kua dimensi.


Bagaimana dengan QR Code yang digunakan Whatsapp apakah menyimpan profil Anda atau hanya nomor kontak Anda saja? Ya coba tanyakan pada Whatsapp. https://youtu.be/TboAEFgl724

Pada umumnya QR Code digunakan untuk mengkodekan alamat website,  nomor kontak, alamat email, nomor telphon, titik koordinat, dan atau hanya sekedar kata – kata bijak mungkin juga ucapan sayang yang dirahasiakan. Klik Whatsapp Saya kata kan “hai” akan mendapat balasan Ucapan Sayang.

Kemarin baru beli motor merek cukup favorit di masyarakat indonesia ada kode batang satu dimensi dan ini hasil potretnya.

Gambar kode batang di body sepeda motor jaman sekarang simpel hasil potret ponsel Infinix Hot ada di www.mediawonosobo.com

Penerapan QR Code pertama kali pada industri otomotive,

Ternyata bukan ada di teknologi informasi. Industri otomotive menggunakan QR Code untuk melakukan tracking terhadap komponen kendaraan. Saat ini, penggunaan barcode dua dimensi ini sudah sangat luas, bahkan yang hadulu sudah menggunakan QR Code dan tidak semua komponen kendaraan terpasang kode tersebut.

Alat untuk membaca QR Code disebut QR Code Scanner. Alat ini tidaklah terpisah, itu pada umumnya. Namun, tersedia dalam bentuk aplikasi di Smartphone yang Anda miliki.

Tujuan utama QR Code

untuk memudahkan Anda dengan smartphone mengakses informasi cukup dengan dua langkah yang sangat mudah, pertama: Scan QR Code, kedua: lakukan aksi. Aksi yang dimaksuk adalah terkadang membuka browser bisa mozilla firefox, opera mini, google chrome, UC browser, dan masih banyak browser lain sesuai selera anda pastinya yang terpasang di smartphone Anda dan yang telah di setting default program.

Contoh simpelnya gini... Anda memiliki kartu nama untuk Anda berikan kepada seseorang yang baru anda kenal, kartu nama dalam bisnis masih cukup digemari untuk berbagi informasi bisnis Anda.
Dalam kartu nama terdapat nama, perusahaan, nomor telpon,alamat rumah, alamat perusahaan, email, dan masih banyak informasi penting lainnya termasuk QR Code. Nah, itu semua kan banyak sekali bagaimana jika Anda harus menulisnya ? Ribet kan ! atau Anda harus menyimpan kartu nama itu ke dalam dompet. Terbayang ni .. ?

“Cukup dengan Scan QR Code di kartu nama. Maka, secara otomatis tersimpan. ”

Sebelum Kita Membuat QR Code Seperti QR Code Whatsapp alangkah baiknya Kita mengetahui Bagaimana Cara Membaca QR Code ?

Cara Membaca QR Code

Pesan kode yang tersembunyi dalam QR Code dapat di baca dengan sangat mudah memanfaatkan aplikasi QR Code Scanner yang sudah banyak sekali di Google Play Store, android market, Appstore, dan yang lainnya. Dari berbagai Aplikasi dan yang pernah saya coba QR Code Scanner dengan kualitas terbaik dapat Anda lihat tampilan gambar QR Code Scanner sebagai berikut:

Gambar QR Code Scanner buatan ZXING Team, ini digunakan untuk mendapatkan informasi terkait QR Code dengan type address book. Anda dapat juga menambahkan berbagai informasi seperti aksi menyimpan kontak, lokasi keberadaan Anda atau alamat di Maps, menghubungi nomor yang tertera, kirim informasi kontak Anda melalui email, Whatsapp, facebook messenger, dan sosial media lainya.
1.
download xampp dan install

2. download php QR Code